DISTANCE LEARNING - ELEARNING - TRAINING ONLINE SKEMA JUNIOR TRAINER SERTIFIKASI BNSP

 

METODOLOGI PELATIHAN KKNI LEVEL 3 (JUNIOR TRAINER) SERTIFIKASI BNSP

Program Pelatihan Skema Junior Trainer Sertifikasi BNSP ini dilaksanakan untuk memenuhi dua kompetensi seorang Asisten Trainer, yaitu Kompetensi Teknis dan Kompetensi Metodologi Pelatihan. Kompetensi Teknis adalah menyangkut pada spesialisasi atau keahlian yang akan ditransformasikan kepada trainee. Sedangkan kompetensi Metodologi berkaitan dengan kompetensi Instruktur dalam melakukan delivery pelatihan. Kedua kompetensi tersebut secara komprehensif harus diterapkan saat melakukan pelatihan Sertifikasi BNSP, sehingga materi yang disampaikan akan mudah diserap dan diaplikasikan oleh peserta pelatihan.

 

Junior Trainer Sertifikasi BNSP

Pemberlakuan pasar bebas Asia Tenggara atau yang disebut Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) telah menjadikan persaingan bursa tenaga kerja semakin meningkat. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi banyak orang, terutama pekerja yang selama ini berada pada sektor keahlian khusus untuk berperan didalamnya. Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan para pekerja dalam menghadapi MEA, satu    diantaranya   memiliki “Sertifikasi Profesi Berbasis Kompetensi”.

Kompetensi tenaga kerja dapat dikembangkan dan ditingkatkan melalui suatu pendidikan dan pelatihan yang relevan dengan kompetensinya. Kompetensi tersebut memerlukan pengakuan agar dapat menjadi acuan bagi rekruitmen, renumerasi, promosi dan kegiatan lain yang berhubungan dengan pencapaian visi, misi dan tujuan perusahaan.

 

Tujuan Pelatihan

  • Peserta dilatih untuk menjadi seorang Asisten Instruktur yang Kompeten melalui pelatihan berbasis kompetensi yang dilaksanakan oleh LPK Sinda Harjaya.
  • Peserta akan dilatih agar mampu membuat perencanaan pelatihan sebelum memulai pelatihan. Meliputi membuat rencana pembelajaran, merancang durasi pelatihan, membuat silabus berbasis SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia), dan membuat lesson & session plan yang akan menjadi bekal yang penting sebagai seorang Asisten Instruktur.
  • Peserta mampu Memahami pentingnya K3 dalam pelatihan, sehingga mampu memfasilitasi dan mempersiapkan Ruang Kelas Pelatihan dan memastikan seluruh proses kegiatan belajar mengajar dalam kondisi Aman dan memenuhi standar kesehatan yang ditetapkan.

 

Persyaratan Peserta

Persyaratan Dasar Pemohon Sertifikasi adalah:

  • Mahasiswa Program S1 jurusan ilmu pendidikan semester 3 atau
  • Tenaga kerja yang memiliki Pendidikan minimal S1 segala jurusan memiliki sertifikat pelatihan jenjang kualifikasi 3 bidang metodologi pelatihan atau
  • Tenaga kerja yang memiliki Pendidikan minimal DIII segala jurusan dan memiliki sertifikat pelatihan jenjang kualifikasi 3 bidang pelatihan subbidang metodologi pelatihan dan pengalaman kerja dalam bidang instruktur yang telah mempunyai masa kerja minimal 1 tahun atau
  • Tenaga kerja dengan pendidikan minimal SMA dan memiliki sertifikat pelatihan jenjang kualifikasi 3 bidang pelatihan subbidang metodologi pelatihan dan pengalaman kerja dalam bidang instruktur yang telah mempunyai masa kerja minimal 2 tahun.

 

Unit Kompetensi

NO KODE UNIT JUDUL UNIT
1 KKK.00.02.012.01 Menerapkan Prinsip Kesehatan Kerja untuk Mengendalikan Resiko K3
2 N.821100.028.02 Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi
3 PAR.JK02.009.01 Melakukan Presentasi
4 P.854900.016.01 Merencanakan Peyajian Materi Pelatihan
5 P.854900.017.01 Melaksanakan Pelatihan Tatap Muka
6 PRP.LP01.001.01 Mengoperasikan Komputer Tingkat Dasar
7 P.854900.031.01 Mengelola Bahan Pelatihan
8 P.854900.033.01 Mengelola Peralatan Pelatihan