SERTIFIKASI ASESOR / MASTER ASESOR

Tujuan Sertifikasi Asesor / Master Asesor

Tujuan sertifikasi asesor dan master asesor adalah untuk memberikan pengakuan serta bukti tertulis bahwa asesor dan master asesor yang namanya tertera pada sertifikat telah memenuhi seluruh persyaratan yang telah ditetapkan. Sertifikat ini sekaligus sebagai dasar kewenangan bagi asesor dan master asesor untuk melaksanakan proses uji kompetensi.

Prosedur Sertifikasi Asesor / Master Asesor

Sertifikasi asesor/master asesor dilakukan oleh BNSP dengan prosedur sebagai berikut :

  1. Calon asesor/master asesor mengajukan aplikasi/permohonan untuk mengikuti proses sertifikasi.
  2. Calon asesor/master asesor melengkapi persyaratan yang ditetapkan oleh BNSP.
  3. BNSP menunjuk tim penilai/penguji untuk melaksanakan penilaian terhadap calon asesor/master asesor.
  4. BNSP menetapkan jadwal untuk melaksanakan uji kompetensi yang dikoordinasikan bersama dengan tim penilai dan calon asesor atau calon master asesor.
  5. Penilai/penguji melaksanakan proses penilaian terhadap calon asesor/master asesor.
  6. Penilai/penguji memutuskan hasil penilaian dan membuat rekomendasi keputusan penilaian.
  7. Penilai/penguji memberikan rekomendasi hasil penilaian ternadap calon asesor/master asesor kepada BNSP.
  8. BNSP menetapkan keputusan akhir hasil penilaian.
  9. BNSP menerbitkan sertifikat kompetensi untuk asesor/master asesor.

Registrasi

Registrasi asesor dan master asesor dilaksanakan oleh BNSP dengan mengacu kepada sistim registrasi seperti yang tercantum pada pedoman penerbitan sertifikat kompetensi. 

 

Masa Berlaku Sertifikat

Masa berlaku sertifikat asesor dan master asesor adalah  dua tahun dengan ketentuan sebagai berikut :

Asesor kompetensi :

  • Asesor melaksanakan minimal enam kali penilaian dalam setiap kurun waktu satu tahun.

Master Asesor :

 

  • Melaksanakan pelatihan dan penilaian terhadap calon asesor/ master asesor kompetensi minimal satu kali dalam kurun waktu satu tahun

Perpanjangan sertifikat

  • Sertifikat dapat diperpanjang melalui proses Recognition of Current Competency (RCC)
  • Dalam melaksanakan registrasi ulang, asesor / master asesor diminta untuk menunjukkan bukti-bukti pendukung yang dipersyaratkan.

Asesor atau master asesor yang tidak aktif selama kurun waktu 1 tahun   terakhir diwajibkan mengikuti program up grading

Asesor atau master asesor yang tidak aktif selama kurun waktu 2 tahun  terakhir diwajibkan mengikuti pelatihan ulang.

Bagaiman apakah sudah tahu sekarang tujuan dari sertifikasi asesor? Ini dia informasi yang tidak kalah pentingnya! Dengan dimulainya MEA pada akhir tahun 2015 telah terjadi banyak perubahan, termasuk dalam persaingan di dunia industri. Agar bisa bersaing dengan tenaga kerja asing maka setiap tenaga kerja Indonesia diharapkan memiliki sertifikasi profesi.

SERTIFIKASI ASESOR

Dalam proses sertifkasi profesi pemerintah membutuhkan banyak asesor. Asesor adalah seseorang yang berhak melakukan asesmen terhadap suatu kompetensi, sesuai dengan ruang lingkup asesmennya.

Materi pembelajaran bagi calon asesor kompetensi untuk kompetensi metodologi asesmen ini dibuat mengacu pada pelatihan asesor kompetensi yang telah ditetapkan oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai satu-satunya badan sertifikasi profesi di tanah air.

Dan dalam workshop ini akan diajarkan bagaimana Menyiapkan Uji Kompetensi Bagi Karyawan serta Teknik Menguji Kemampuan Karyawan.

Pada akhir sesi pelatihan akan diadakan Real Asessmen untuk menilai kompetensi peserta dan Proses Sertifikasi Asesor Kompetensi
(Lisensi BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Manfaat bagi peserta :

1. Berhak melakukan assessment secara nasional yang diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang merupakan satu-satunya badan sertifikasi profesi di Indonesia.
2. Memberikan keahlian dalam uji kompetensi di perusahaan maupun diluar perusahaan
3. Mampu membuat materi uji (MUK)
4. Mampu membuat grade promosi jabatan

Untuk Pendaftaran, Silahkan Download Form Pendaftaran Pelatihan Asesor Kompetensi Berikut ini. Setelah Anda melengkapi form pendaftaran tersebut, silahkan dikirim balik via email disertai dengan lampiran Konfirmasi Pembayaran Anda ke: pembayaran@sertifikasibnsp.com.

3 thoughts on “SERTIFIKASI ASESOR / MASTER ASESOR

    1. Salam kenal dan salam kompeten pak Anton, maaf pak karena untuk biaya AsKom boleh dikatakan berbeda-beda tergantung dari Mitra Pelaksana kami… range harga berkisar di harga Rp. 5jt sd 7.500ribu..bahkan ada juga hingga mencapai di atas Puluhan Juta rupiah… sekali lagi tergantung Mitra Pelaksana kami dan LSP nya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*