PROSEDUR PENYELENGGARAAN PELATIHAN ASESOR / MASTER ASESOR

Sesuai dengan Pedoman BNSP No. 303 – 2013, Lembaga yang akan mengadakan / menyelenggarakan Pelatihan Asesor / Master Asesor wajib untuk memenuhi Prosedur Penyelenggaraan Pelatihan Asesor / Master Asesor yang telah ditetapkan.

Prosedur penyelenggaraan pelatihan asesor kompetensi yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Lembaga penyelenggara pelatihan (LSP, Asosiasi Profesi/Perusahaan, Lembaga Pelatihan/Pendidikan, lembaga konsultan atau Instansi Teknis) mengajukan surat pemberitahuan kepada BNSP untuk melaksanakan  Pelatihan Asesor Kompetensi.
  2. Apabila pelatihan akan dilaksanakan oleh lembaga/instansi non LSP      (Asosiasi Profesi/Perusahaan, Lembaga Pelatihan/Pendidikan, konsultan atau Instansi Teknis), maka lembaga yang bersangkutan harus melaksanakan koordinasi terlebih dahulu dengan LSP terkait termasuk rekomendasi peserta, baru mengajukan surat pemberitahuan kepada BNSP.
  3. Penyelenggara pelatihan merekomendasikan master asesor atau pelatih asesor sesuai dengan daftar nama master asesor yang sudah disertifikasi oleh BNSP.
  4. BNSP mengeluarkan surat tugas untuk melaksanakan pelatihan kepada master asesor yang direkomendasikan.
  5. Penyelenggara pelatihan memberikan informasi kepada BNSP yang meliputi jadwal, tempat, pelatih serta peserta pelatihan asesor.
  6. BNSP memeriksa dan memastikan bahwa penyelenggaraan pelatihan sudah memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan.
  7. Lembaga penyelenggara pelatihan melaksanakan pelatihan asesor kompetensi sesuai dengan ketentuan yang ada pada buku pedoman ini.
  8. Lembaga penyelenggara pelatihan bertanggungjawab terhadap pelaksanaan pelatihan sampai dengan tahap penilaian/uji kompetensi mandiri.
  9. Lembaga penyelenggara pelatihan memberikan laporan mengenai pelaksanaan pelatihan asesor kompetensi kepada BNSP.
  10. Lembaga penyelenggara pelatihan memfasilitasi peserta yang sudah siap untuk dinilai dalam rangka sertifikasi kepada BNSP.

Dengan dimulainya MEA pada akhir tahun 2015 telah terjadi banyak perubahan, termasuk dalam persaingan di dunia industri. Agar bisa bersaing dengan tenaga kerja asing maka setiap tenaga kerja Indonesia diharapkan memiliki sertifikasi profesi.

Dalam proses sertifkasi profesi pemerintah membutuhkan banyak asesor. Asesor adalah seseorang yang berhak melakukan asesmen terhadap suatu kompetensi, sesuai dengan ruang lingkup asesmennya.

Materi pembelajaran bagi calon asesor kompetensi untuk kompetensi metodologi asesmen ini dibuat mengacu pada pelatihan asesor kompetensi yang telah ditetapkan oleh BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi sebagai satu-satunya badan sertifikasi profesi di tanah air.

Dan dalam workshop ini akan diajarkan bagaimana Menyiapkan Uji Kompetensi Bagi Karyawan serta Teknik Menguji Kemampuan Karyawan.

Pada akhir sesi pelatihan akan diadakan Real Asessmen untuk menilai kompetensi peserta dan Proses Sertifikasi Asesor Kompetensi
(Lisensi BNSP Badan Nasional Sertifikasi Profesi)

Silahkan Download Form Pendaftaran Pelatihan Asesor berikut ini, kemudian lengkapi dan kirim balik disertai bukti Konfirmasi pembayaran Anda ke : pembayaran@sertifikasibnsp.com. Untuk Pendaftaran Online silahkan Klik Link Pendaftaran Online Berikut ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*