Home » Modul Pelatihan Berbasis Kompetensi » MENGORGANISASIKAN PENGGUNAAN BAHAN PELATIHAN (PLK.TL02.003.00) – MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB-BIDANG TENAGA PELATIHAN

MENGORGANISASIKAN PENGGUNAAN BAHAN PELATIHAN (PLK.TL02.003.00) – MODUL PELATIHAN BERBASIS KOMPETENSI SUB-BIDANG TENAGA PELATIHAN

   

Mengorganisasikan Penggunaan Bahan Pelatihan sesuai SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dengan Kode Unit: PLK.TL02.003.00, yang mana Unit ini meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang diperlukan untuk mengorganisasikan penggunaan bahan pelatihan sesuai kebutuhan.

Unit ini dibuat dengan tujuan dalam rangka mewujudkan pelatihan kerja yang efektif dan efesien untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas tenaga kerja diperlukan suatu sistem pelatihan standar. Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 31 tentang Sistem Pelatihan Kerja Nasional yang mengamanatkan bahwa pelatihan kerja berbasis kompetensi.  Untuk menerapkan pelatihan berbasis kompetensi tersebut diperlukan adanya standar kompetensi kerja sebagai acuan yang diuraikan lebih rinci ke dalam program, kurikulum dan silabus serta modul pelatihan.

Untuk memenuhi salah satu komponen dalam proses pelatihan tersebut maka disusunlah modul pelatihan berbasis kompetensi. Modul pelatihan berbasis kompetensi terdiri dari 3 buku yaitu buku informasi, buku kerja dan buku penilaian. Ketiga buku tersebut merupakan satu kesatuan yang utuh, dimana buku yang satu dengan yang lainnya saling mengisi dan melengkapi, sehingga dapat digunakan untuk membantu pelatih dan peserta pelatihan untuk saling berinteraksi. Semoga bermanfaat untuk menunjang proses pelaksanaan pelatihan di lembaga pelatihan kerja yang bapak/ibu pimpin.

MENGORGANISASIKAN PENGGUNAAN BAHAN PELATIHAN

Latar Belakang

Bahan pelatihan memegang peran penting dalam proses pelatihan karena dengan tersedianya bahan siswa dapat melaksanakan pelatihan dengan lancar dan sesuai dengan harapannya dapat kompeten dalam waktu yang relatif singkat. Bahan pelatihan merupakan komponen penting yang tidak bisa diabaikan dalam proses pelatihan siswa, andikan bahan tidak mengacu pada dunia kerja sesungguhnya, maka sulit dibayangkan bagaimana peserta dapat kompeten. Bahan pelatihan dalam arti jumlah dan kualitas, sangat menentukan keberhasilan suatu
penyelenggaraan pelatihan.

Tujuan

Adapun tujuan mengorganisasikan penggunaan bahan pelatihan adalah sebagai berikut:

  1. Mengidentifikasi bahan pelatihan dari suatu program pelatihan.
  2. Menyusun daftar kebutuhan bahan pelatihan sesuai dengan hasil identifikasi.
  3. Mengelola bahan pelatihan sesuai pedoman administrasi bahan pelatihan.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup kegiatan mengorganisasikan penggunaan bahan pelatihan yaitu:
Membuat daftar kebutuhan bahan pelatihan, penyiapan bahan untuk pelatihan, melayani penggunaan bahan untuk pelatihan, memantau penggunaan bahan, membuat laporan penggunaan bahan pelatihan.

Pengertian-Pengertian

  1. Pengelolaan: Pengelolaan berarti menempuh empat tahap yaitu perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan/ penggerakan (directing/actuating),dan pengontrolan ( controlling).
  2. Bahan pelatihan: Adalah semua bahan yang langsung digunakan oleh peserta dalam melaksanakan latihan. Bahan berupa barang material yang diolah menjadi sesuatu bentuk barang jadi atau setengah jadi seperti kayu balok untuk dijadikan kerangka kursi, minyak oli untuk pelumas, komponen elektronik untuk buat control system lampu, kertas HVS untuk bahan mengcopy naskah, dll.
  3. Sarana pelatihan: Adalah merupakan mesin dan peralatan pelatihan yang tidak habis sekali pakai seperti model peragaan, mesin motor, kalkulator, tang, obeng, avo meter dll.
  4. Pelatihan: adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan untuk mencapai suatu kompetensi tertentu di mana materi, metode dan fasilitas pelatihan serta lingkungan belajar yang ada terfokus kepada pencapaian unjuk kerja pada kompetensi yang dipelajari.
  5. Kompetensi: adalah kemampuan seseorang untuk menunjukkan aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan serta penerapan dari ketiga aspek tersebut di tempat kerja untuk mencapai unjuk kerja yang ditetapkan.
  6. Standar Kompetensi: adalah standar yang ditampilkan dalam istilah-istilah hasil
    serta memiliki format standar yang terdiri atas judul unit, deskripsi unit, elemen.
  7. Mengidentifikasi: adalah menentukan atau menetapkan identitas orang, benda, dsb.
  8. Pelatihan Kerja: Pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi kompentensi/jabatan/ pekerjaan serta spesifikasi pekerjaan.
  9. Pelatihan Berbasis Kompetensi (yang selanjutnya disebut PBK): adalah proses pelatihan yang dilaksanakan untuk mencapai suatu kompetensi tertentu dimana materi, metode dan fasilitas pelatihan serta lingkungan pelatihan yang ada terfokus kepada pencapaian unjuk kerja.
  10. Lembaga Pelatihan Kerja (LPK): adalah suatu lembaga pemerintah/swasta/badan hukum atau perorangan untuk tempat diselenggarakannya proses pelatihan kerja bagi peserta pelatihan.
  11. Peserta Pelatihan: adalah angkatan kerja yang telah memenuhi persyaratan teknis dan administrasi untuk mengikuti pelatihan tertentu dengan program pelatihan berbasis kompetensi.
  12. Instruktur: adalah seseorang yang berfungsi sebagai fasilitator, pelatih, pembimbing teknis, supervisor yang bertugas untuk menyampaikan materi pelatihan kepada peserta pelatihan di LPK atau di tempat kerja selama proses pelatihan.

Diagram Alir Mengorganisasikan Penggunaan Bahan Pelatihan

Diagram Alir Mengorganisasikan Penggunaan Bahan Pelatihan

Diagram Alir Mengorganisasikan Penggunaan Bahan Pelatihan

Baca Juga: Informasi Pelatihan Berbasis Kompetensi Bersertifikat BNSP

MATERI MENGORGANISASIKAN PENGGUNAAN BAHAN PELATIHAN.

Untuk Lebih Detil dan Lebih Jelas Bagaimana cara Mengorganisasikan Penggunaan Bahan Pelatihan, Silahkan Download Modul Materi Pengorganisasian Penggunaan Bahan Pelatihan Disini!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BANNER MENTORING PENDIRIAN LSP-3

BERLANGGANAN

Dapatkan Informasi Pelatihan Sertifikasi Berbasis Kompetensi, Tips, Artikel, Panduan Edukasi dan Informasi Lowongan Kerja Terbaru langsung Ke alamat Email Anda

KONTAK ADMIN

  • 0813 69996065 (WA/SMS/Call)
  • admin@sertifikasibnsp.com
  • pendaftaran@sertifikasibnsp.com
  • sindahasian.siadari@gmail.com

error: Content is protected !!