Apa sih Fungsi dan Tugas LSP dalam Proses Pengadaan Sertifikasi? Cari Tahu di Sini!

LSP atau Lembaga Sertifikasi Profesional merupakan lembaga yang melaksanakan kegiatan sertifikasi profesi yang mendapat lisensi BNSP. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) ini merupakan lembaga pemerintah yang mengatur tentang penerbitan sertifikat profesi.

Apa sih Fungsi dan Tugas LSP dalam Proses Pengadaan Sertifikasi? Setiap LSP mendapatkan lisensi dari BNSP melalui proses akreditasi untuk menunjukkan bahwa sebuah LSP telah memenuhi syarat untuk melakukan kegiatan yang berkaitan denngan sertifikasi profesi. Selain itu, LSP ini juga dapat dikembangkan untuk membuka cabang di berbagai kota yang berbeda.

LSP ini menjadi lembaga yang menyelenggarakan sertifikasi berbasis kompetensi, sehingga LSP ini mempunyai tanggungjawab dan tugas yang harus dipenuhi. Tugas dari LSP ini salah satunya adalah membuat materi untuk uji kompetensi dalam pembuatan sertifikat profesi. Selain itu, juga bertanggung jawab dalam melakukan assesmen.

Untuk menjalankan Fungsi dan Tugas LSP, LSP membutuhkan Asesor kompetensi yang bertugas melakukan proses assesmen tersebut. Asesor atau tenaga penguji ini harus disediakan oleh LSP. Tanggungjawab LSP yang lain adalah melakukan pengembangan skema sertifikasi,menjaga kinerja dari asesor dan juga TUK, serta menyususn kualifikasi yang mengacu pada KKNI.

LSP ini berhak menetapkan biaya kompetensi yang sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakannya. lSP juga berwenang untuk menerbitkan sertifikat kompetensi bagi tenaga kerja yang menginginkannya. Bahkan, LSP berhak untuk mencabut sertifikat kompetensi milik seseorang yang dirasa melanggar ketentuan atau tidak sesuai. LSP juga berhak untuk memberikan sanksi bagi asesor yang melanggar aturan. Wewenang LSP lainnya adalah memberikan usul atas standar kompetensi yang baru.

Lembaga Sertifikasi Profesi ini dipantau secara berkala melalui pembuatan laporan kegiatan. Selain itu, juga dilakukan monitoring supaya LSP tetap terjaga kualitasnya dalam melaksanakan uji kompetensi. Bahkan, LSP yang melakukan sebuah pelanggaran yang dapat merugikan akan dikenakan sanksi dari BNSP.

Sanksi ini bermacam-macam, dan saknsi yang paling berat adalah pencabutan lisensi BNSP. Untuk pemegang sertifikat, kinerjanya dipantau melalui laporan dari industri atau pengguna jasa yang ditempati dari para tenaga kerja tersebut. LSP ini mempunyai peranan penting dalam proses penerbitan sertifikasi BNSP berbasis kompetensi.

Untuk menjalankan salah satu Fungsi dan Tugas LSP tersebut, Kami dari LSP Komputer dan LSP Marketing mengundang bapak/ibu yang ingin meningkatkan kompetensi profesi anda sebagai seorang Asesor Kompetensi dengan Sertifikasi Asesor Kompetensi dari BNSP:

PELATIHAN ASESOR KOMPETENSI JAKARTA

Pelatihan Asesor Kompetensi dimulai lagi di Jakarta, 24 sd 28 Juli 2017 dengan TUK Hotel Fave, Jl. KH. Wahid Hasyim No.135 – Jakarta Pusat, 10240.

Informasi Pendaftaran Online silahkan Klik Link Pendafataran Online berikut ini:

Pendaftaran Online Pelatihan Asesor Kompetensi

atau Untuk Pendaftaran Manual silahkan Klik Link Download Form Pendaftaran Pelatihan Asesor Kompetensi 2017 berikut ini :

Form Pendaftaran Pelatihan Asesor Kompetensi, Fave Hotel – Jakarta, 24 – 28 Juli 2017.

Print dan Lengkapi Form Pendaftaran Tersebut, kemudian email disertai bukti Pembayaran Pendaftaran Anda ke : pembayaran@sertifikasibnsp.com

dan Via WA: 081369996065

 

 

Format Panduan Pembayaran silahkan Klik Link Berikut ini:

Panduan Pembayaran Pelatihan

Kuota Terbatas 25 Orang Peserta Saja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*