Home » Edukasi Sertifikasi BNSP » BNSP (BADAN NASIONAL SERTIFIKASI PROFESI)

BNSP (BADAN NASIONAL SERTIFIKASI PROFESI)

   

BNSP adalah Badan Nasional Sertifikasi Profesi yang merupakan badan independen dan bertanggung jawab kepada Presiden.  BNSP memiliki kewenangan sebagai otoritas sertifikasi personil dan bertugas melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi bagi tenaga kerja.

Berdasarkan sumber yang kami dapatkan dari BNSP.go.id Tujuan dari Pembentukan Badan Nasional Sertifikasi Profesi merupakan bagian integral dari pengembangan paradigma baru dalam sistem penyiapan tenaga kerja yang berkualitas.

Baca juga: Sertifikasi BNSP Untuk Hadapi MEA dan Persaingan Pasar Global.

Dimana Berbeda dengan paradigma lama yang berjalan selama ini, sistem penyiapan tenaga kerja dalam format paradigma baru terdapat dua prinsip yang menjadi dasarnya, yaitu : pertama, penyiapan tenaga kerja didasarkan atas kebutuhan pengguna (demand driven); dan kedua, proses diklat sebagai wahana penyiapan tenaga kerja dilakukan dengan menggunakan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi (Competency Based Training / CBT).

Pengembangan sistem penyiapan tenaga kerja dengan paradigma baru ini dimulai pada awal tahun 2000 yang ditandai dengan ditandatanganinya Surat Kesepakatan Bersama (SKB) antara Menteri Tenaga Kerja, Menteri Pendidikan Nasional, Ketua Umum Kadin Indonesia.

Fungsi dan Tugas Pokok dari BNSP adalah sebagai otoritas sertifikasi personel sesuai PP No. 23 tentang Badan Nasional Sertifikasi Profesi tahun 2004 utamanya pasal 4:

  1. Ayat 1 : Guna terlaksananya tugas sertifikasi kompetensi kerja sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3, BNSP dapat memberikan lisensi kepada lembaga sertifikasi profesi yang memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja. Ayat
  2. Ayat 2 : Ketentuan mengenai persyaratan dan tata cara pemberian lisensi lembaga sertifikasi profesi sebagaimana dimaksud dalam ayat 1) ditetapkan lebih lanjut oleh BNSP.

DIKLAT ASESOR KOMPETENSI 20-25 NOVEMBER 2017

Apa sih Sertifikasi Kompetensi BNSP itu?

Sertifikasi Kompetensi merupakan pemberian sertifikat kompetensi melalui uji kompetensi yang dilakukan secara sistematif, obyektif dan terukur menggunakan standar kompetensi. Agar hasilnya optimal, maka calon peserta uji kompetesi diberikan pembekalan atau pelatihan terlebih dahulu agar mereka mengetahui standar kompetensi profesi mereka dan mengukur gap kompetensi dari standar yang ditetapkan. Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) merupakan lembaga independen pelaksana sertifikasi kompetensi yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden didirikan atas amanah UU No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan PP No. 23 Tahun 2004 Tentang Pembentukan BNSP. Dalam PP No. 23 dinyatakan bahwa dalam melaksanakan tugasnya BSNP memberikan lisensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

Lebih lanjut tentang Sertifikasi Berbasis Kompetensi yang diselenggarakan silahkan klik link Sertifikasi Kompetensi berikut untuk menambah wawasan dan atau Anda ingin meningkatkan Kompetensi  sehingga Profesi Anda mendapat Pengakuan baik secara Nasional dan Internasional.

17 thoughts on “BNSP (BADAN NASIONAL SERTIFIKASI PROFESI)

  1. Yth Bapak / Ibu,

    Mohon informasi syarat untuk pembaharuan / perpanjangan Sertifikat Kompetensi MICE, Terima Kasih ..

    1. Salam Kenal dan salam Kompeten,

      Kami sangat merekomendasikan untuk dapat mengikuti Workshop Pendirian LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) yang akan kami selenggarakan pada tanggal 24 sd 26 Agustus 2018 bertempat di Hotel Amaris Tebet, Jakarta Selatan dengan biaya Investasi: Rp. 4.500.000,- (non residensial). Informasi Pendaftaran silahkan hubungi staff admin kami atau via WA dinomor: 0813-6999-6065 / 0821-2705-3337 (ibu Lyza).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BANNER MENTORING PENDIRIAN LSP-3

BERLANGGANAN

Dapatkan Informasi Pelatihan Sertifikasi Berbasis Kompetensi, Tips, Artikel, Panduan Edukasi dan Informasi Lowongan Kerja Terbaru langsung Ke alamat Email Anda

KONTAK ADMIN

  • 0813 69996065 (WA/SMS/Call)
  • admin@sertifikasibnsp.com
  • pendaftaran@sertifikasibnsp.com
  • sindahasian.siadari@gmail.com

error: Content is protected !!